Menteng, Jakarta - Indonesia

Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Harus Bermanfaat bagi Pertumbuhan Dan Pemerataan Ekonomi

Jakarta – Pandemi covid-19 mempengaruhi kondisi ekonomi berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah negara Indonesia yang pertumbuhan ekonominya menurun akibat dampak dari kondisi ini.

Saat ini perekonomian Indonesia mengalami stagnasi dikarenakan konsumsi rumah tangga yang menurun dan pembangunan infrastruktur yang lambat.

Kita tidak bisa membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan negara lain untuk menilai kondisi ekonomi di Indonesia dikarenakan negara kita memiliki kondisi yang berbeda dengan negara lain mencakup keadaan geografis, populasi, dan lain – lain. Namun, Indonesia terus – menerus berupaya untuk keluar dari kondisi stagnasi ini dengan melalukan berbagai terobosan.

Terobosan yang dibuat oleh pemerintah salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur di bidang transportasi serta komunikasi. Pembangunan Infrastruktur berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di negara kita. Pembangunan Infrastruktur itu dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk meminimalisir kesenjangan antarwilayah. Apabila kesejangan antarwilayah dapat teratasi, maka daya saing antar wilayah meningkat sehingga mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Pembangunan ini tak hanya sebagai pemerata saja tetapi juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan negara lain walaupun memiliki kendala dalam perawatan dari masyarakatnya.

Dengan perkembangan zaman yang terus maju internet sangat mempengaruhi teknologi informasi dan komunikasi. Sayangnya di Indonesia tepatnya di daerah – daerah terpelosok mengalami keterbatasan dalam penggunaan intenet dimana keterbatasan ini dapat menjadi penghambat dalam pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir kesenjangan antarwilayah. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur di bidang transportasi serta komunikasi menjadi peranan penting untuk mengeluarkan Indonesia dari kondisi ekonomi yang stagnan.