Menteng, Jakarta - Indonesia

Taat Pajak untuk Pembangunan Nasional

JAKARTA – Konsultan pajak dan pajak itu sendiri memiliki peran berkesinambungan yang cukup penting sebagai sumber pendapatan kas Negara. Namun, bagi sebagian orang nampak masih enggan untuk mengurus kewajiban pajaknya. Ini mungkin dikarenakan mereka mungkin belum sadar bahwa manfaat pajak itu begitu besar, sehingga penting untuk taat dalam membayarkan pajak. Pajak yang diperoleh dari rakyat, kemudian hasilnya juga akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana yang diperuntukkan bagi kepentingan umum.

Sekarang ini, sebagai salah satu instrumen penerimaan negara, hasil dari pembayaran pajak sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas Negara. Dimana ini berperan dalam terlaksananya pembangunan nasional yang bisa dijalankan dengan semakin produktif. Hal ini ditujukan untuk bisa mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Penerimaan Negara yang diperoleh dari dalam negeri yang bersumber dari sektor pajak, mencerminkan kemandirian dari bangsa ini.

Pajak bisa dikatakan sebagai sebuah iuran wajib yang harus dibayarkan oleh rakyat kepada negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Pajak memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan perekonomian suatu Negara yaitu sebagai salah satu sumber dana pemerintah. Dimana sumber dana ini digunakan untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kemudian, pajak memiliki fungsi sebagai alat yang mengatur kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang sosial ekonomi.

Penerimaan pajak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana jumlah penerimaan tersebut baik dalam jumlah nominal maupun persentase. Selain itu, persentase dari jumlah Wajib Pajak masih relatif sedikit jika dibandingkan dengan jumlah seluruh penduduk di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk membayar pajak masih rendah. Beberapa bentuk kesadaran yang mendorong Wajib Pajak untuk membayar pajak salah satunya adalah kesadaran bahwa pajak merupakan bentuk partisipasi dalam menunjang pembangunan negara. Pentingnya peran pajak bagi pembangunan Negara yaitu:

  1. Pembangunan Infrastruktur dan fasilitas umum yang berjalan dengan baik
    Berbagai infrastruktur dan fasilitas umum bisa dibangun dengan baik melalui dana yang diperoleh atau bersumber dari pajak. Pembangunan fasilitas umum bisa berkembang dengan pesat dengan dana yang bersumber dari pembayaran pajak. Setiap pasar tradisional bisa dikembangkan menjadi modern sebagai pusat perbelanjaan yang nyaman dan aman. Semua itu dibiayai dengan pajak yang telah anda bayarkan.
  2. Fasilitas pendidikan merata dan berkualitas
    Dengan taat membayarkan pajak secara tepat waktu, maka anda bisa membantu untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara merata bagi setiap orang. Ketika setiap orang taat membayar pajak, maka pendidikan akan lebih terjamin dan merata bagi setiap masyarakat.
  3. Tersedianya fasilitas kesehatan yang memenuhi standar bagi setiap masyarakat
    Ketika anda membayar pajak, maka setiap program untuk memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat juga bisa terlaksana lebih lancar. Seperti langkah untuk memperbaiki gizi ibu hamil, balita, masyarakat, serta peningkatan pelayanan kesehatan untuk para lansia.
  4. Keamanan dan ketertiban terjaga
    Pajak yang anda bayarkan memiliki peran yang sangat penting, karena bisa digunakan untuk memperkuat pertahanan keamanan dan penjagaan ketertiban di dalam negara kita.
  5. Pengembangan pariwisata
    Dewasa ini sektor pariwisata memang menjadi fokus utama bagi banyak orang. Banyak objek wisata baru kekinian yang mulai muncul dan menarik minat para wisatawan, terutama wisatawan asing dari luar negeri. Objek wisata yang sudah dibuka akan memerlukan biaya untuk perawatan dan pengembangannya. Untuk itu, pajak yang anda bayarkan akan membantu pemerintah dalam mengembangkan objek wisata tersebut.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal. (*)