Menteng, Jakarta - Indonesia

KPK Tetap Konsisten Didalam Pencegahan dan Penindakan Tipikor

Pada Sabtu (25/9/2021) dini hari, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil menahan Wakil Ketua DPR dari fraksi Golkar, Azis Syamsuddin.

Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

“Tim penyidik melakukan penahanan kepada tersangka selama 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 24 September 2021 sampai dengan 13 Oktober 2021 di Rutan Polres Metro Jakarta Selatan,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri

Menyikapinhal tersebut, Direktur Eksekutif Lentera Research Institute, DR. David Chaniago, mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi tindakan penahan tersebut serta mendukung KPK untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan penindakan terhadap berbagai tindak pidana korupsi di negeri ini.

“Penindakan tersebut patut diberikan apresiasi. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa KPK masih terus melaksanakan tugas dan fungsinya, yaitu melakukan berbagai upaya pencegahan dan penindakkan terhadap tindak pidana korupsi”, ujar David Chaniago.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa pada saat ini KPK juga tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada para pejabat publik agar tetap melaksanakan amanahnya dengan baik dan menghindari godaan korupsi. Ia juga melihat literasi yang diberikan kepada masyarakat agar selalu memantau dan mendukung kerja KPK dalam pemberantasan tipikor sudah tepat, sebab hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk turut serta didalam memberantas dan mencegah tipikor.

“literasi yang diberikan KPK kepada masyarakat agar selalu memantau dan mendukung tugas dan fungsi KPK dalam pemberantasan tipikor sudah tepat”, tambahnya.