Menteng, Jakarta - Indonesia

PON XX Sebagai Momentum Untuk Menunjukkan Citra Papua di Mata Internasional

Pelaksanaan PON XX Papua akan menjadi sorotan media massa dan masyarakat di dalam maupun luar negeri. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi Pemerintah bahwa Papua adalah provinsi yang aman dan kondusif, sehingga mampu menyelenggarakan PON XX tanpa adanya gangguan keamanan.

Dalam kaitan itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman optimistis pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan berjalan lancar dan aman berkat persiapan yang semakin matang.

KONI memastikan seluruh aspek pendukung dari sektor keamanan, kesehatan, hingga akomodasi berjalan dengan baik untuk kesuksesan ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

“Saya optimistis PON Papua akan menjadi wadah pemersatu bangsa, seluruh kontingen di Indonesia dan warga Papua bersatu untuk merayakan pesta olahraga terbesar di Indonesia,” kata Marciano.

Dalam kesempatan ini, KONI memaparkan sejumlah aspek kesiapan yang menumbuhkan optimisme pelaksanaan ajang multi Event yang digelar empat tahun sekali itu.

Hal itu juga ditanggapi oleh Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Ida Bagus Made Bimantara yang menegaskan bahwa berbagai isu di Papua seutuhnya merupakan urusan dalam negeri, dan seluruh negara memahami dan menghormati posisi Indonesia.

Dunia Internasional perlu memahami bahwa Papua menjadi tuan rumah PON XX dengan berbagai persiapan untuk menaikkan citra Papua di masyarakat. PON di Papua itu bukan hanya kompetisi olahraga semata. Namun PON adalah arena bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan.