Menteng, Jakarta - Indonesia

Kebijakan Publik Vaksinasi Nasional dan Prokes 5M Mempercepat Tercapainya New Normal

Setiap individu di lingkungan masyarakat seyogyanya mematuhi prokes 5M dan mengikuti program vaksinasi nasional. Sebab dengan mematuhi dan disiplin protokol kesehatan sudah amat berarti di masa sekarang ini. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan masker dobel, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas harus terus dilaksanakan.

Kemudian saling mengingatkan antar anggota masyarakat yang lengah menjalankan protokol kesehatan juga tak kalah penting. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, dalam arahannya terkait penanganan pandemi covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Lentera Research Institute (LRI), DR. David Chaniago, mengatakan bahwa disiplin prokes dan vaksinasi covid-19 akan mempercepat kembalinya aktivitas normal masyarakat.

“Disiplin kebijakan Prokes 5M serta urgensi partisipasi aktif dalam program vaksinasi agar masyarakat dapat segera kembali beraktifitas secara normal”, ujar David Chaniago.

Lebih lanjut, dirinya mengatalan bahwa kebijakan publik seperti vaksinasi door to door, vaksinasi pelajar serta disiplin prokes 5M merupakan bagian dari strategi pemerintah pusat didalam menciptakan hert immunity.