Menteng, Jakarta - Indonesia

Langkah Pemerintah Terhadap KST Papua Sudah On The Track

Dalam beberapa bulan belakangan ini, Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua semakin gencar melakukan berbagai aksi penyerangan di sejumlah wilayah secara masif. KST Papua kerap menyatakan perang terhadap militer Indonesia.

Eskalasi tersebut bahkan sampai membuat pemerintah Indonesia memasukkan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) sebagai organisasi teroris pada tanggal 29 April 2021 lalu.

Menyikapi hal tersebut, peneliti keamanan dan perbatasan MPPI, Muhammad Irandito, mengatakan bahwa labelling teroris serta upaya TNI-Polri didalam mempersempit pergerakan Kelompok Separatis dan teroris (KST) Papua merupakan hal yang sudah tepat.

“Labeling teroris serta upaya penindakan dan penegakan hukum yang telah dilakukan oleh Pemerintah melalui TNI-Polri guna mempersempit ruang gerak KST Papua (KKB, OPM, TPNPB) sudah on the track”’ ujar Irandito.

Lebih lanjut, Irandito menghimbau kepada setiap elemen masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap segala upaya yang telah dilakukan oleh lembaga keamanan terkait didalam menjaga kondusifitas masyarakat dari ancaman KST. Hal ini Demi keberlanjutan pembangunan Papua dibawah baung an NKRI.

“Seyogyanya setiap elemen masyarakat memberikan dukungan terhadap segala upaya yang telah dilakukan oleh lembaga keamanan terkait didalam menjaga kondusifitas masyarakat Papua dari KST. Ini demi keberlanjutan pembangunan Papua dibawah naungan NKRI”’ tambahnya.