Menteng, Jakarta - Indonesia

Masyarakat Adat Papua Siap Sukseskan PON XX Papua

Oleh : Rizki Syafitudina )*

Masyarakat adat Papua siap menyukseskan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua. Pelaksanaan PON XX di Papua merupakan kebanggaan dan simbol persaudaraan bagi sesama anak bangsa.

Pernyataan sikap untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diberikan oleh 12 ondoafii besar di Kota Jayapura. Dengan pernyataan sikap ini, masyarakat adat akan menjaga agar PON XX berlangsung dengan tertib, aman dan damai.

Dewan Adat Tabi (Mamberamo-Tami) telah menyatakan siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan PON XX 2021 di Provinsi Papua. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Dewan Adat Tabi Yakonias Wabra sesaan setelah kunjungan Bupati Jayapura Mathius Awaitouw ke Sekretariat Dewan Adat Tabi di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura.

Pihaknya menginginkan agar PON pada tahun ini aman, tidak diperbolehkan ada yang mengacaukan, apapun bentuknya. Masyarakat adat Tabi dan Mamberamo hingga Keerom mendukung penuh utamanya keamanan. Ditegaskan kembali, bahwa pihaknya sebagai salah satu pemilik tanah adat penyelenggara PON XX Papua akan siap memberikan yang terbaik kepada seluruh kontingen yang hadir. Pihaknya juga secara tegas meminta kelompok yang akan membuat rusuh pelaksanaan PON. Yakonias menuturkan, PON Papua harus sukses, bagi siapapun yang mau membuat kacau, sebaiknya pulang dari tanahnya.

Sementara itu, pada 19 Juni 2021 lalu, Panitia PON XX menggelar acara bertajuk Gebyar PON XX. Dalam acara tersebut sejumlah hiburan disajikan seperti, pertunjukkan musik daerah hingga menyediakan stand usaha ekonomi bagi 35 pelaku usaha kecil menengah di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
Pelaku UMKM Jayapura juga menjual berbagai macam makanan, kuliner, baju batik Papua, tas noken serta kopi khas Papua. Seorang warga Papua bernama Marthinus mengatakan, bahwa warga Papua sangat mendukung penyelenggaraan PON XX Papua untuk menjadi tuan rumah.

Sementara itu, ketua Panitia pagelara gebyar PON XX Papua Otniel Desa berharap acara gebyar PON XX Papua bisa memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Papua telah siap menggelar penyelenggaraan PON Papua.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) di Jayapura menuturkan, Tuhan memberikan tanah kita Port Numbay dengan segala keindahan obyek wisata pantainya, sehingga dapat mendatangkan pemasukan untuk kesejahteraan, apalagi saat PON 2021 ini, di mana tentu saja wisatawan akan berbondong-bondong datang ke kota Jayapura.

Dirinya mengakui, keindahan objek wisata pantai di Kota Jayapura merupakan peluang yang bagus untuk mendatangkan uang bagi masyarakat pengelola pantai.

Pada kesempatan berbeda, sekretaris komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Kenius Kogoya berharap agar seluruh masyarakat Papua selalu optimis dan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

Kenius menuturkan, bahwa PON tidak hanya milik pemerintah maupun KONI, akan tetapi juga milik seluruh warga masyarakat yang berada di Papua. Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak pesimis dan harus optimis bahwa PON harus sukses di Papua. Tidak boleh kita menanggapi hal-hal yang membuat kurang bagus di sini, meskipun pihaknya tahu ada yang terjadi di Papua, tetapi dukungan terhadap event ini harus tetap solid.

Bagi Papua, PON adalah event yang sangat penting, karena event ini tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi pemerataan pembangunan di Papua hingga pemerataan pembangunan ekonomi di Papua. Karena sukses PON tidak hanya soal sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi saja.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan, bahwa PON di Papua itu bukan hanya kompetisi olahraga semata. Namun PON adalah arena bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan.
Presiden juga meminta laporan dari jajaran terkait. Seperti kesiapan venue maupun akomodasi atlet dari seluruh nusantara yang nantinya akan bertanding di Papua. Secara khusus, Presiden juga meminta laporan dari Wakil Gubernur Papua mengenai perkembangan penyiapan infrastruktur yang sudah ada di lokasi penyelenggaraan.

La Nyalla Mahmud Mattalitti selaku Ketua DPD RI, mengajak kepada pemerntah provinsi se-Indonesia untuk menyukseskan PON dan Peparnas di Papua. Tak hanya itu, dirinya juga memberikan solusi terkait penambahan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi untuk KONI daerah masing-masing.

PON XX Papua merupakan kebanggaan bagi masyarakat Papua, pemerintah dan masyarakat adat harus berintegrasi untuk mengamankan dan menyukseskan gelaran Multievent tersebut.

)* Penulis adalah warganet tinggal di Depok