Menteng, Jakarta - Indonesia

Vaksinasi Massal Mewujudkan PON XX Papua Sukses

Oleh: Astrid Puteri (Peneliti Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia)

Pekan Olahraga Nasional XX di Papua dipastikan akan berlangsung pada Oktober 2021 mendatang, di tengah pandemi Covid-19. Untuk menyukseskan even olahraga berstandar nasional ini, pemerintah dan sejumlah pihak menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat, termasuk para pelajar di Bumi Cendrawasih.

Perhelatan PON XX Papua tidak sekedar pertandingan olahraga biasa, melainkan akan menjadi ajang mengukir prestasi serta silahturami antar putra-putri Indonesia untuk merakit dan mempererat persaudaraan.
Menjelang penyelenggaran even tersebut, sejumlah pihak saling bersinergi melakukan persiapan yang matang agar kegiatan bisa berjalan dengan sukses meski dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama dengan Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua menggelar vaksinasi bagi siswa sekolah tingkat SMP hingga SMA/SMK. Kegiatan ini digelar untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober 2021.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Mathius D Fakhiri menuturkan, “nantinya para siswa yang telah divaksinasi akan turut serta menyemarakkan PON dengan menjadi penonton. Pasalnya, surat vaksinasi menjadi syarat bagi masyarakat untuk menonton ajang olahraga tersebut secara langsung.”

Kegiatan vaksinasi pelajar ini diselenggarakan di sejumlah sekolah yang lokasinya berdekatan titik pertandingan. Target pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12-18 tahun di klaster sekitar venue PON XX sebanyak 57.000 orang. Untuk tercapainya target tersebut, maka kegiatan vaksinasi tidak hanya dilakukan Polda saja, tetapi sejumlah unsur pemerintah baik dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), pemerintah daerah, serta Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua turut memfasilitasi kegiatan yang dinamakan menjadi gebyar vaksin.

Kolonel Inf. Rahmat Puji Susetyo menuturkan bahwa, pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan BIN Daerah Papua turut menggandeng sejumlah rumah sakit (RS) milik TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) dan rumah sakit milik Polri serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerintah daerah guna mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Jayapura.

Untuk diketahui, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu klaster pelaksanaan Pekan Olahraga Nasionala (PON) XX tahun 2021, sehingga ditargetkan minimal 75 % warga di Papua dapat divaksin. Dengan kesadaran dan atusiasme warga Papua akan pentingnya vaksin Covid-19, target penerima vaksin yang sebelumnya hanya sekitar 700 orang per harinya justru melebihi dari 1.000 orang.

Hal ini menjadi kabar baik untuk kita semua, karena nantinya baik atlet maupun orang-orang yang datang akan merasa aman, karena semua warga sekitar sudah di vaksin. Banyaknya masyarakat dan pelajar yang mengikuti vaksin merupakan satu pertanda bagus, karena kesadaran dan antusiasme masyarakat terhadap pentingnya kesehatan dan penyelenggaran PON XX ini telah meningkat.

Oleh karena itu, mari kita dukung program vaksinasi massal di Papua sehingga kesuksesnya penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua dapat terwujud. Bangun narasi positif di berbagai ruang media publik yang dapat menumbuhkan optimisme serta soliditas guna bersama-sama membangun kebanggaan bangsa demi PON XX yang sehat dan aman.