Menteng, Jakarta - Indonesia

Stop Provokasi dan Hoaks, Saatnya Mendukung Kesuksesan PON XX Papua

Oleh : Dombe Lokbere (Mahasiswa Papua di Yogyakarta)

PON XX Papua adalah kebanggaan dan harga diri bagi warga dan masyarakat Papua. Oleh karena itu, tidak pantas orang di luar Papua menyebarkan opini negatif dan pesimistis, seolah-olah orang Papua tidak akan mampu melaksanakan event nasional.

Sangat mengherankan jika ada pihak yang mencoba menggagalkan PON XX Papua. pada 2020 lalu seharusnya menjadi momen PON XX di Papua. Namun akhirnya diputuskan diundur hingga Oktober 2021. Menyaksikan Tokyo Jepang sukses menggelar Olimpiade, seharusnya menambah keyakinan semua pihak bahwa PON Papua bisa dilaksanakan lebih baik, meski dalam masa Pandemi Covid 19.

Kepercayaan dan alasan pemerintah menyelenggarakan PON Papua sudah melalui berbagai pertimbangan yang komprehensif. Oleh sebab itu, tidak pada tempatnya menyebarkan rasa khawatir atas dampak kematian akibat Covid 19 pada PON Papua.

Semestinya, penyelenggaraan PON XX Papua ini juga memberikan pengakuan kepada masyarakat dan rakyat Papua maupun daerah lain, bahwa Papua sanggup menjadi tuan rumah perhelatan akbar para atlet seluruh Indonesia.

Pekan Olahraga Nasional ke-20 akan diselenggarakan pada 2 – 15 Oktober 2021. Provinsi Papua kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah bagi acara multievent nasional satu ini. Tepatnya ada 4 klaster yang akan menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan, bahwa PON di Papua itu bukan hanya kompetisi olahraga semata. Namun, PON adalah arena bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, dan arena memperkuat persatuan maupun kesatuan. Mari bersama gelorakan semangat solidaritas dan persatuan kita demi sukses PON XX Papua 2020.