Menteng, Jakarta - Indonesia

Waspada Hoaks, Mari Sukseskan PON XX 2021 di Papua

Oleh: Erika Teodhora (Warganet Kota Kupang, NTT)

Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan berlangsung bulan Oktober 2021 mendatang. Diketahui perhelatan olahraga nasional empat tahunan akan digelar di tengah pandemi Covid-19. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan Kemenkominfo telah menyiapkan dukungan berupa media center dan pelaksanaan komunikasi publik agar PON Papua makin semarak dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Konten informasi sangat penting untuk disiapkan, secara khusus oleh juru bicara dari masing-masing cabang olahraga, Pengurus Besar PON hingga bagi awak media selama meliput PON XX Papua.

Selain itu, saat ini media sosial menjadi lebih mudah untuk diakses bahkan sepersekian detik media selalu update terhadap informasi/isu yang tengah terjadi. Hal tersebut kerap kali menjadi ancaman masyarakat Indonesia, akan tersebarnya berita hoaks yang dinilai dapat memecah belah bangsa. Banyaknya berita bohong yang beredar juga bisa menyebabkan masyarakat hilang kepercayaan kepada pemerintah.

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik dan bijak, sudah sepatutnya kita mengakses informasi yang sudah terbukti kebenarannya, sehingga warga tidak lagi termakan oleh berita bohong yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Membaca konten narasi dari media yang sudah terpercaya juga dapat menghindari kita dari ancaman berita hoaks yang banyak beredar.

Kominfo juga mendorong partisipasi masyarakat dalam menyebarkan informasi positif di tengah persiapan pelaksanaan PON XX, terlebih reporter-reporter perlu menyampaikan dengan diksi-diksi yang akurat dan penuh semangat, kameramen-kameramen perlu menampilkan angle-angle olahraga yang menantang dan hebat sehingga memberikan kebanggan bagi warga Indonesia.

Pemerintah juga mengajak masyarakat agar ruang digital tidak diisi dengan informasi hoaks, berita yang simpang siur, adu domba, hate speech dan saling mencela. Maka dari itu, sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan PON XX Papua digelar bisa berlangsung dengan optimal.

Sebagaimana tujuan diadakannya PON XX, yakni untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memaknai perbedaan yang ada di negara kita sendiri. Jangan sampai karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, membawa kita menjadi bangsa yang terpecah belah. Bhinneka Tunggal Ika harus tetap terpelihara di hati masing-masing rakyat Indonesia.