Menteng, Jakarta - Indonesia

Mahasiswa Papua Mendukung PON XX

Oleh : Alfred Jigibalom )*

PON XX akan diselenggarakan di akhir tahun 2021. Seluruh masyarakat Papua, termasuk kalangan mahasiswa mendukung acara ini karena baru pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cendrawasih, dan merupakan sebuah kehormatan besar karena masyarakat lokal dipercaya jadi panitia. 

Ada gelaran besar-besaran mulai tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 di Papua, yakni pekan olahraga nasional (PON) ke-XX. Lomba olahraga ini sangat istimewa walau ditunda setahun karena pandemi, karena seluruh atlet bersemangat untuk berlaga sambil menikmati eksotisme alam di Bumi Cendrawasih. Ini pertama kalinya diselenggarakan acara olahraga level nasional, sehingga masyarakat lokal sangat antusias menyambutnya.

Warga sipil di Bumi Cendrawasih senang karena PON adalah acara akbar, dan bisa mengangkat nama Papua di level nasional bahkan internasional. Penyebabnya karena saat pembukaan dan pertandingan, pasti ada live streaming yang disiarkan di media sosial dan website, sehingga netizen di seluruh dunia bisa menontonnya. Mereka akan melihat betapa Papua sudah modern.

Dengan begitu otomatis akan jadi promosi gratis bagi pemerintah Papua, karena dalam siaran langsung PON XX juga menampakkan eksotisme di Bumi Cendrawasih. Banyak orang yang akan terpesona akan keindahan alamnya dan akan merancanakan traveling ke sana, kelak setelah pandemi usai. Jika banyak turis asing maka akan menambah devisa negara dan mempebanyak pemasukan pemprov Papua.

Tak hanya masyarakat di Papua, tetapi warga asli Bumi Cendrawasih yang sedang merantau di Solo juga mendukung program pemerintah, termasuk PON XX. Mereka yang masih berstatus mahasiswa menyatakan support-nya dan ingin agar Papua aman dan damai. Meski posisinya jauh dari Bumi Cendrawasih tetapi mereka tetap mendukung acara olahraga ini, karena bisa meningkatkan solidaritas warga.

Selain itu, mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang ada sedang studi di Ambon juga mendukung penuh PON XX. Bahkan mereka telah melakukan deklarasi bersama puluhan mahasiswa lain. Para mahasiswa memberi pesan kepada masyarakat Papua yang ada di sana agar menjaga ketentraman dan keamanan, agar PON XX bisa berjalan dengan lancar.

Dukungan dari masyarakat sangat berharga karena tanpa support mereka, akan agak sulit. Penyebabnya karena warga sipil juga turut mensukseskan PON XX. Walau nanti belum ada keputusan acara ini bisa ditonton langsung atau tidak, tetapi mereka antusias dan siap menjadi supporter, dan ikut merasakan kemegahan Stadion Lukas Enembe yang jadi venue utama di PON XX.

Masyarakat baik yang bermukim di Papua maupun yang sedang merantau di pulau lain juga mendukung dengan cara mempromosikan acara ini di media sosial. Baik dengan mengunggah gambar maskot PON XX di Instagram atau men-share berita tentang acara olahraga ini di Facebook. Tujuannya agar banyak yang tahu tentang PON XX dan ikut mendukung pesta olahraga nasional ini.

Selain itu, promosi juga bisa dilakukan dengan membuat thread di Twitter dan hashtag khusus, sehingga PON XX akan makin viral di dunia maya dan mendunia. Seluruh netizen internasional akan penasaran, apa sih PON itu? Sehingga mereka akan turut menonton live streaming dan menikmati berbagai pertandingan olahraga, mulai dari sepakbola, voli, sampai renang.

PON XX sangat didukung oleh warga asli Papua, baik yang bermukim di Bumi Cendrawasih maupun yang sedang merantau di tempat lain. Mereka sadar bahwa acara akbar ini sangat bermanfaat, karena bisa membawa nama baik Papua ke dunia internasional. Sehingga Bumi Cendrawasih dikenal sebagai tempat yang aman untuk berwisata.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Bali