Menteng, Jakarta - Indonesia

103 POP FM Jakarta: Dukung Kebijakan Pemerintah Atasi Pandemi Covid-19

Oleh: Xeraphine Siwi*

Pandemi Corona yang sedang mendunia ini patut menjadi perhatian masyarakat agar tetap waspada. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menangani dan menekan pandemic virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease) deimi melindungi dan menjamin keselamatan setiap warga negara. Namun, agar upaya pemerintah bisa berhasil, maka diperlukan kerjasama dan dukngan dari seluruh lapisan masyarakat dan daerah hingga ke level paling bawah.

Pemerintah tidak tinggal diam ataupun lepas tanggung jawab, namun sekuat tenaga memikirkan solusi terbaik dan melakukan tndakan-tindakan nyata untuk mengatasi masalah penyebaran COVID-19 dan dampaknya di sector lain, seperti ekonomi dan sosial, agar tidak semakin meluas.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan sejumlah arahan terkait wabah Covid-19 kepada seluruh menteri, kepala daerah, dan masyarakat Indonesia. Pemerintah terus meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemik global Covid-19. Presiden Jokowi bahkan telah memerintahkan dukungan yang memadai untuk digunakan secara efektif dan efisien.

Pemerintah juga membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, ASN bisa bekerja di rumah dengan menggunakan interaksi online, dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat serta menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, termasuk menunda mudik.

Selanjutnya pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) melaui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Sebagai Payung Hukum Konsiderans. Sejumlah kebijakan pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 tersebut perlu didukung semua pihak, baik masyarakat, dunia usaha, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota.

Masyarakat Indonesia diharapkan agar tetap tenang dan tidak memberikan reaksi berlebihan serta menggalakkan hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan COVID-19. Dengan mendukung arahan dan kebijakan pemerintah dengan baik dan benar, maka masyarakat juga turut berpartisipasi dalam upaya menghentikan penyebaran COVID-19

Dalam rangka mendukung penanganan pandemic Covid-19 dan mengeduksi masyarakat terkait bahaya dan cara mengatasi pandemi tersebut, Radio 103 POP FM Jakarta akan menggelar live talkshow dengan menghadirkan narasumber Direktur Eksekutif Emrus Corner, Bapak Emrus Sihombing.

Gelaran Diskusi bertema ‘ Dukung Kebijakan Pemerintah Atasi Pandemi Covid-19’ , akan berlangsung pada Selasa, 21 April 2020 di studio POP FM Jakarta. Jangan dilewatkan karena bakal banyak manfaat yang bisa didapatkan lewat diskusi tersebut.()

*pemerhati sosial budaya